Apa itu CWM (ClockWorkMod) Pada Sistem Android

Tuesday, August 27, 2013

Hallo Sobat Tecno, Kali ini saya akan mempostingkan Tentang Apa itu CWM (ClockWorkMod) Pada Sistem Android. Kalau sobat sering baca artikel tentang costum/nge-root android. Pasti sobat menemukan sebuah kata CWM. Sebenarnya, waktu dulu saya juga gak tahu apa itu CWM (asing banget). Setelah Surfing ke internet akhirnya tahu apa arti CWM itu. Untuk menambah pengetahun sobat, Yuk kita simak artikel kali ini.

Pengertian CWM ??

~ Apa Itu ClockworkMod?

ClockworkMod Recovery adalah recovery sekunder untuk perangkat Android yang dibuat oleh Koush. Hal ini didasarkan dari citra pemulihan eclair. Fitur termasuk backup Nandroid, adb shell, advance update.zip (ignore asserts and signature checks) , dan file browser untuk memilih update.zip. ClockworkMod juga dikenal sebagai CWM, clockwork dan CW recovery.

~ Tentang Android Recovery

Hampir sebagian besar perangkat android menyertakan konsol pemulihan yang pada dasarnya dalam partisi pada memori internal perangkat dan dapat dipanggil pada saat boot. Pemulihan stock hampir semua perangkat android menyediakan pilihan dasar yang memungkinkan anda untuk mengembalikan pada setting awal pabrik / factory reset namun tidak semua dapat memulihkan sistem operasi pada ROM format zip, oleh karena itu pemulihan custom akan berguna pada saat anda membutuhkan pemulihan sistem operasi tersebut.

Sebuah pemulihan custom pada dasarnya menggantikan pemulihan stock dengan salah satu yang memungkinkan anda melakukan semua yang dapat anda lakukan dengan pemulihan stock, ditambah beberapa fitur lebih banyak pilihan untuk memberi kontrol lebih banyak pada perangkat anda. Dengan pemulihan custom, anda dapat menginstal ROM resmi dan tidak resmi serta pembaruan lainnya termasuk aplikasi, tema, kernel menggunakan file zip, dan masih banyak lagi fitur yang disediakan.


Recovery ClockworkMod adalah salah satu pemulihan yang paling banyak digunakan android custom yang tersedia untuk perangkat android. Ini adalah pemulihan yang dibutuhkan untuk AOKP, AOSP, CM7, CM9, CM10 dan lainnya. ClockworkMod recovery dikembangkan oleh Koushik Dutta (juga dikenal sebagai Koush - seorang developer Android ROM Manager.



~ Metode Install CWM : 


Metode 1: Rom Manager
ROM Manager adalah cara asli dan resmi untuk menginstal clockworkMod recovery dengan file .zip. Unduh "Manajer Rom" dari play store klik gambar di bawah ini.

Metode 2: Update.zip

Anda dapat menemukan dan download update.zip ini sendiri, letakkan di telepon di / sdcard / dan boot ke recovery.

Metode 3 (beberapa model): Flash
Untuk beberapa model dengan flash atau mengunakan kernel dengan built in Clockwork ROM Kebanyakan dibuat untuk perangkat yang kompatibel termasuk kernel dengan built in CWM Dengan metode ini anda tidak perlu file update.zip atau Manajer Rom lagi.

Boot ke ClockworkMod
Sebagai contoh pada perangkat android yang paling banyak digunakan pengguna android yaitu Samsung, anda dapat memasukkan pemulihan dengan menyalakan perangkat Anda dan pada saat menyalakan perangkat android tekan tombol 'Volume Down' atau tombol 'Volume-Up' dan tombol 'Power' untuk menghidupkan perangkat, hal ini tergantung pada perangkat yang anda gunakan, terkadang tiap perangkat berbeda cara pemanggilan recovery tersebut, terkadang ada yang harus menyertakan dengan menekan tombol 'Home'. Untuk melihat tutorial install dan boot ke CWM, anda dapat langsung.


  Semoga artikel kali bermanfaat, kalau ada kesalahan atau saran silahkan komentar dibawah !!. Kalau sobat berkenan untuk baca artikel lainnya silahkan cari recent post.
Share this article :
 
Support : FebriBlog | Creating Website | Mas Template
Copyright © 2011. Tecno Life - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger