Pengaruh Bounce Rate Pada Seo

Tuesday, September 3, 2013

Hallo Sobat Tecno, Kali ini saya akan mempostingkan Tentang Pengaruh Bounce Rate Pada Seo. Sebelum sobat saya jelaskan tentang pengaruhnya. Yuk sama-sama kita baca apa sebenarnya itu bounce rate pada seo/blog. Hanya sebatas pengetahuan saja sob !! Mari...!!
Bounce rate
Pengaruh Bounce Rate Pada Seo
Apa Itu Bounce Rate ?? : Rasio jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman saja pada blog yang Anda miliki. Bounce rate dihitung menggunakan rumus sebagai berikut.

" Bounce rate = (Jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman blog/Jumlah kunjungan total) x 100%."


Misalnya, dalam satu bulan blog Anda memiliki jumlah kunjungan total sebanyak 50.000, sedangkan kunjungan pembaca yang hanya membuka satu halaman saja sebanyak 2.000. Dengan demikian, bounce rate dari blog Anda sebesar (2.000/50.000)x100%= 4%. 

Semakin besar bounce rate yang dimiliki sebuah blog maka kinerja blog tersebut akan semakin buruk, sedangkan semakin kecil bounce rate pada sebuah blog maka kinerja blog tersebut akan semakin baik. 

Agar kinerja blog semakin baik, Anda dapat mematok 20% sebagai nilai bounce rate maksimal pada blog. Anda juga dapat melihat bounce rate pada blog menggunakan fasilitas Google Analytics.

Jika diartikan secara bahasa, Bounce Rate dapat diartikan sebagai "Resiko Pentalan". Pentalan di sini dapat diartikan sebagai "seorang pengunjung yang lari dari blog atau website kita setelah membaca ataupun hanya membuka sebuah halaman saja". 

~ Apa Penyebab Bounce Rate Tinggi ??: Sebenarnya yang menyebabkan Bounce Rate itu ada banyak, namun dapat disederhanakan menjadi 1 hal saja, yaitu "Pengunjung Menutup halaman blog kita setelah membuka 1 halaman saja". Entah itu menutupnya dengan cara mematikan browsernya, mengklik tombol "Close Tab" pada browsernya, mengklik link yang menuju halaman di luar blog atau website kita (Eksternal Link) ataupun menulis URL baru (bukan URL blog atau website kita).

~ Apakah Pengaruh Terhadap SEO ??: Bounce Rate sangat berpengaruh pada SEO termasuk Google pagerank dan terlebih juga Bounce Rate menjadi penilaian utama alexa untuk menentukan peringkat suatu blog atau website. Jadi semakin tinggi persentase Bounce Rate sebuah blog atau website, maka semakin buruk kinerja blog atau website tersebut. Oleh karena itu kita harus sangat perlu meminimalisir persentase Bounce Rate yang dimiliki blog atau website kita.

~ Cara Mengatasi Bounce Rate : 
1. Buatlah artikel yang menarik.
Artikel yang menarik akan membuat pengunjung betah berlama-lama di blog Anda. Usahakan artikel yang Anda suguhkan memiliki aroma Kontroversial tapi tidak terlalu nyeleneh. Karena kebanyakn orang sangat tertarik untuk membaca bacaan yang sifatnya masih misteri ataupun kontroversial. 

2. Buatlah beberapa internal link dalam setiap postingan Anda. 
Internal link adalah sebuah link yang kita sisipkan di dalam postingan kita, dan link itu mengarah pada halaman lain dalam blog kita. Dan trik yang satu ini bisa dibilang sangat ampuh untuk menaikkan pageview dan mengurangi Bounce Rate. Selain itu, penempatan Internal Link yang tepat ternyata dapat memberikan Google Site Link juga bagi blog atau website tersebut.

3. Gunakanlah template yang SEO Friendly, Fast Loading dan Responsive (bila perlu). 
Terkadang kita terlalu mengedepankan tampilan blog. Memang hal ini perlu karena dapat memanjakan mata para pengunjung. Tetapi ingatlah bahwa tidak setiap pengunjung berselancar dengan kecepatan internet yang tinggi, masih banyak pengunjung yang hanya berselancar dengan kecepatan yang pas-pasan. Oleh karena itu untuk meng Load halaman website Anda yang berat itu sangat membutuhkan waktu yang lama, sehingga hal itu akan menyebabkan mereka lari dan berpindah ke halaman orang lain yang lebih cepat diLoad. Dan apakah yang menyebabkan blog Anda lama diload??.

4. Gunakan widget yang dapat memunculkan postingan Anda yang lain.
Hal ini sangat perlu dilakukan karena di samping menaikkan poin SEO untuk blog atau website kita, hal ini juga akan memperbesar kemungkinan untuk menaikkan pageview dan menurunkan Bounce Rate blog atau website kita.  Oleh karena itu saya merekomendasikan untuk membuat widget "Related Posts"  dan Widget "One Label / Category".

Semoga artikel kali bermanfaat buat sobat !! terus hidup blogger indonesia, Kalau ada kesalahan mohon dimaafkan. Kalau suka mohon kritiknya.
Share this article :
 
Support : FebriBlog | Creating Website | Mas Template
Copyright © 2011. Tecno Life - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger