Trik Mengatasi PC Cepat Panas

Thursday, September 19, 2013

Hallo Sobat Tecno, Kali ini saya akan mempostingkan Tentang Sebuah Trik Mengatasi PC atau Komputer Yang Cepat Panas. Gak cuma itu saya juga akan berbagi software untuk mengatasi masalah sobat. Kita bahas sebab dan cara mengatasinya. Dikutip dari beberapa sumber di internet. Supaya sobat dapat jelas tentang mengatasi dan tahu sebab Pc atau Komputer sobat panas.
cara mengatasi komputer panas
Trik Mengatasi PC Cepat Panas 
  Pertama-tama kita simak dulu sebab dan juga cara mengatasi Pc kita sering cepat panas saat digunakan, mungkin ada beberapa faktor yang mempengaruhi secara umum :
  • Sirkulasi udara yang terdapat pada dalam laptop yang tidak bagus biasanya menjadi penyebab utama karena menggunakan laptop pada permukaan yang empuk. Sehingga permukaan yang empuk akan menutup lubang-lubang untuk sirkulasi udara yang sudah dipersiapkan pada bagian bawah semua laptop.
  • Pemakaian laptop yang tidak pandang waktu atau terlalu lama biasanya pada hal ini sering dilakukan oleh para pekerja IM atau pemain game. Laptop adalah sebuah mesin yang akan cepat panas jika laptop anda terus-menerus digunakan, dan kekuatan pada laptop akan terus menurun bila anda menggunakannya terus-menerus tanpa henti.
  • Memaksakan Overclock yang dimiliki oleh Prosesor pada Laptop. Istilah Overclock adalah perangkat yang dapat digunakan untuk memaksimalkan kinerja Prosesor pada laptop Anda. Tetapi jika perangkat itu terlalu dipaksakan dalam jangke waktu yang lama akan banyak menyebabkan masalah, salah satunya adalah Laptop menjadi cepat panas.
   Hal-hal yang menjadi penyebab diatas mungkin dapat membuka pikiran tentang alasan kenapa laptop anda sering cepat panas. Setelah kita mengetahui penyebab laptop anda menjadi cepat panas sekarang kita akan membahas sedikit sebuah keadaan tentang bagaimana cara mengatasi laptop cepat panas. Berikut beberapa sebab dan cara mengatasinya :
  •     Komputer digunakan main game terlalu lama.
Untuk bermain game terutama dengan gambar beresolusi tinggi, diperlukan 3 komponen yang bekerja berat yaitu processor, memory dan VGA. Processor yang bekerja terlalu berat akan menimbulkan panas tinggi dan bisa saja menyebabkan komputer langsung mati sendiri. Untuk mencegahnya, bisa dengan menambahkan kipas di bagian belakang CPU untuk meneluarkan udara panas dari dalam.
  •     Perhatikan processornya.
 Ada perbedaan antara AMD dengan Intel. Processor terbaru Intel hanya membolehkan panas sampai 72 0C, sedangkan AMD bisa sampai 85 0C. Jadi ada perbedaan signifikan apabila diraba dengan tangan. Tetapi jika masalah panas ini kemudian menyebabkan komputer jadi lambat atau mati sendiri barulah jadi masalah.
  •     Fan pendingin rusak atau kotor berdebu.
Jika kecepatan kipas sudah menurun atau sangat berdebu maka suply udara pendingin juga akan menurun sehingga Processor menjadi overheating.Cara mencegahnya bisa dengan membuka kipas dan bersihkan dari debu lalu pastikan bahwa kipas tersebut masih berputar dengan normal, atau jika sudah diketahui rusak sebaiknya diganti.
  •     Overclock BIOS.
Overclock BIOS atau performance kartu grafis, CPU, motherboard, RAM dan semua komponen di dalam CPU yang dibuat maksimum, dapat menyebabkan komputer cepat panas atau lebih buruk lagi bisa menyebabkan komputer tidak berfungsi sama sekali. Mencegahnya, jika overclock ini penyebabnya, kembalikan BIOS ke posisi normal kembali.
  •     Power Suply bermasalah.
jika terjadi kebocoran pada Power Suply, maka tegangan listrik ke moterhboard, atau bisa juga seluruh komponen listrik CPU jadi panas. Bahkan sejumlah komponen bisa langsung rusak. Cara mencegah komputer cepat panas, bisa menggunakan Stabilizator atau UPS untuk menjaga tegangan listrik.
  •     Posisi Aluminium Heatsink (pendingin) tidak tepat/miring.
Jika aluminium ini tidak menempel dengan tepat pada badan processor, maka processor dapat mudah overheat. Kemudian komputer pasti mati sendiri. Untuk mencegahnya, jika Anda bisa melakukannya dengan hati-hati, buka fan di atas processor dan periksa apakah aluminium heatsink menempel dengan tepat pada Processor. Jika perlu, buka aluminium pendingin dan bersihkan pasta pada permukaan processor lalu oleskan kembali pasta yang baru.
  •     Aluminium Heatsink (pendingin) Processor atau VGA berdebu/kotor.
Pastikan heatsink cukup bersih dari debu karena debu bisa menghambat proses pendinginan dari kipas dan menyebabkan komputer cepat panas. Caranya bisa dengan membersihkan kipas pendingin processor setiap 6 bulan sekali.
  •     Gunakan Software Utilities Untuk Merawat Harddisk Komputer.
Selain memperhatikan masalah Processor dan Fan pada Laptop anda juga perlu waspada pada kondisi Hard Disk laptop. Untuk itu, anda dapat menggunakan program yang bernama Hardisk Inspector. Jika dilihat dari namanya Software ini berfungsi untuk memeriksa keadaan hardisk.. 

gambar softwarenya
Prinsip nya adalah aplikasi ini akan selalu memerikasa jika Hardisk anda “Apakah masih dalam Keadaan Baik/ Buruk ?”.. Terkadang Bisa disebut Dr.Hardisk..  Software ini dilengkapi dengan Beberapa Fitur yakni :
  1.  Kesimpulan Kesehatan Hardisk.
  2.  Info Teknis
  3.  Detil S.M.A.R.T. 
  4.  Anda juga dapat menyimpan Laporan. 
~ Mau Softwarenya Hardisk Inspector, Silahkan download DISINI (6mb)

Sekian dari artikel tentang trik komputer kali ini, Semoga bermanfaat didunia dan akhirat nantinya. Kritik sobat ditunggu dibawah tentang post kali ini. Tunggu post selanjutnya.
Share this article :
 
Support : FebriBlog | Creating Website | Mas Template
Copyright © 2011. Tecno Life - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger